Senin, 05 Februari 2018

Cara Import satu barang dari China (Cara Belanja Via Aliexpress)



Dalam Worksop Export import itu kan dikatakan kalau kita bisa import Cuma satu barang saja. Nah sebenernya yang dimaksud impor satu barang itu gimana sih? Ternyata yang dimaksud import barang satu biji itu maksudnya kita belanja di OL Shop Luar negeri. Sama seperti kita belanja di Toko online seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee. Cuma bedanya, ini Toko Luar negeri.  Contoh Toko Online luar negeri/OL Shop internasional  : Amazon.com, Ebay.com, Etsy.com, Ikea.com, Bestbuy.com, Alibaba.com, Aliexpress.com.
Kali ini saya akan memberikan contoh import satu barang dari China. Salah satu toko online yang berbasis di China Itu Aliexpress.com. Berbagai macam produk bisa dicari di sini, bisa juga buat grosiran...harganya memang banyak yang murah dan ada yang menawarkan fasilitas Free shipping alias gratis ongkir.  Tapi inget, bagi yang belanja di sini apalagi dengan fasilitas free shipping jangan berharap barang bisa sampe dalam 2-3 hari ya. Rata-rata barang bisa kita terima 1 bulan, bahkan kadang lebih. Dan ketika sampai di Indonesia,  nanti kita ditarik biaya dari kantor pos berapapun total invoicenya. Padahal sebenernya  belanja di bawah 100 $ itu tidak terkena pajak, mungkin biaya pengecekan barang kali ya . Saya beberapa kali membeli barang lewat aliexpress ini, dan selalu cari yang free shipping...maaf biar irit..he..
         Nah sekarang, bagaimana caranya kita belanja di Aliexpress.com atau bahasa keren nya import barang minimal satu biji dari China. Belanja via Aliexpress bisa pake PC atau via HP. Bisa buka website www.aliexpress.com (Via pc, laptop) atau kalau yang mau pake android bisa instal aplikasinya di Appstore (Aliexpress Shopping App). Tapi karena memang sekarang jamanya sudah pake handphone, jadi saya kasih contoh yang via android saja. Khusus yang sudah pake sms banking atau internet banking/doku wallet bisa import barang sambil tiduran di kamar, nah loh...enak banget kan import sambil tiduran di kamar...ha..ha.. Minimal transaksi 1 $ ya kalau pake Doku (ATM transfer, sms banking, internet Banking). Bisa juga via kartu kredit kalau ada, kalau saya memang gak punya kartu kredit...andalanya masih sms banking..

  Berikut langkah-langkah import barang via Aliexpress

1. Install dulu aplikasinya di playstore kalau android


2. Kalau sudah diinstal, buka aplikasinya, Tampilanya begini ya kalau dibuka aplikasinya


Bahasanya Inggris dan harganya dalam dolar ($), tapi jangan khawatir karena bisa di setting ke bahasa Indonesia dan mata uang rupiah. Klik bagian Pojok kiri atas

Tapi untuk kali ini, saya pake yang versi Inggrisnya saja ya, kalau mau di rubah bahasa juga silahkan. Untuk mempermudah proses sebaiknya Sign in dulu, bisa via gmail, facebook. Soalnya pada akhirnya harus tetep sign kalau kita nanti akan membeli.

Kalau sudah sign in, kita lanjut ke tahap selanjutnya.

 3. Mulai cari barang yang diinginkan
     Saya kasih contoh di sini pengasah pisau (Knife Sharpener), kalau untuk coba-coba gakpapa karena ini barangnya murah...he...he.. Pertama kali saya dulu nyoba juga jenisnya ini harga 1 $, gratis ongkir lagi dari Cina. Pikiran saya waktu itu, kalaupun ilang... paling ilang duit Rp. 15.000,-.
Oke next....cari barang, ketik "Knife Sharpener" di kolom pencarian.


Sama seperti belanja di OL Shop indonesia, sebelumnya bisa kita  mengatur pola pencarian sesuai yang kita inginkan...misalkan harga dari rendah ke tinggi, kredibilitas toko (dari jumlah Bintang) atau cari yang fasilitas Free shipping/Gratis ongkir. Kalau saya setting dari harga terendah ke tinggi (Price Low to high), Filternya saya aktifkan yang free shipping dan yang bintangnya 5.


4. Jika sudah menemukan barang yang diinginkan, lakukan pembelian.
    Contoh : 

Klik langsung aja, tampilanya jadi gini  kemudian klik buy now

 

pilih warna, jumlah kemudian klik Continue


Isi alamat pengiriman (Shipping Adress), Kemudian pilih metode pembayaran yang lain ( Use Another payment method) dan klik place order


Tampilan setelahnya, klik Other methods via full site


Nah, nanti kita akan dilarikan ke browser  icashier.alipay.com seperti ini, klik yang doku lalu lanjutkan klik pay now




setelah itu kita akan mendapatkan kode pembayaran, kode pembayaran itu adalah nomer rekening bank permata. Jadi cara pembayaranya sama seperti biasa kalau kita transfer antar bank, hanya saja yang dituju rekening bank permata, kode Bank 013.



Selanjutnya tinggal transfer ke nomer rek bank permata tadi (nomer rekening beda-beda ya tiap transaksi, tapi semua bank permata). Jika kita sudah transfer, nanti ada notifikasinya ke email kalau pembayaran berhasil. Bisa juga dicek di "My Acount" di situ ada daftar transaksi yang perlu di bayar..dll


Untuk selanjutnya kita tinggal duduk manis dan tunggu barang sampai.

NOTE : TAMPILAN DI BEBERAPA HP MUNGKIN AGAK BERBEDA








14 komentar:

  1. saya kira tulisannya sampai barangnya datang.. hehehe

    BalasHapus
  2. mantap makasih tutorial nya bu

    BalasHapus
  3. Kok saya gagal terus transaksi ke atm

    BalasHapus
    Balasan
    1. jgn lupa masukkan kode bank permata

      Hapus
    2. Ada referensi importir perabot dan barang unik yg bisa buat kulakan??? Sy kelas reseler aja krna belum mmapu import sendiri

      Hapus
  4. Terima kasih atas artikelnya

    Saya mau coba
    ๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘

    BalasHapus
  5. Perkenalkan kami dari Xing Lie Cargo merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa ekspedisi import door-to-door service. Harga yang kami tawarkan sudah all in (termasuk pajak, cukai, bea masuk dll). Menerima pengiriman via udara dan laut.

    Kami juga melayani jasa titip tranfer ke supplier luar negri.
    Kunjungi FB Pages kami Xing Lie Cargo untuk testimonial dan update. Bagi yg masih awam tentang import, silahkan bertanya di fb pages kami akan memberikan panduan import gratis. 100% trusted!

    Untuk info lebih lanjut bisa menghubungi kami:
    Xing Lie Cargo
    Whatsapp: 08777-308-1112
    Telp: 021-6621172
    Email: info@xingliecargo.com
    Website: www.xingliecargo.com

    BalasHapus
  6. Tutorial importnya bagus memberi wawasan cerdas dan mendidik.

    BalasHapus
  7. Yang ingin saya tau malah... Bagaimana cara kerja nereka mengirim biaya kirim sampai rl.0 atau free, walau datang lama. Dindonesia mau lama atau cepat ttp sama aja mahal dan biasanya kalopun murah ada min berat yg mau dikirim, beda dgn china, beli satu barang kecil aja bisa dan biaya kirimnya juga murah banget. Gimna Indonesia bisa gitu ya, mungkin akan bnyak pengusaha yg brmunculan krn mudahnya dan murahnya biaya export. :-)

    BalasHapus
  8. Terima kasih ilmunya,aturan ini masih berlaku nggak ya sampai sekarang

    BalasHapus
    Balasan
    1. masih....silahkan bisa dicoba, mulai dulu saja dengan barang yg murah...itung2 latihan :-)

      Hapus
  9. Itu langsung ke alamat ya? Apakah ada bea cukainya? Maaf saya awam..baru ikut seminar yg menawarkan trip ke china ๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜untung ngga minat ke china...

    BalasHapus
  10. Apakah dari ekspedisi indonesia sampai kerumah kita ada ongkirnya, terus cara menghitung ongkirnya pake kiloan atau gimana? maaf pemula

    BalasHapus